Membuat Garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal di
OPENGL Versi Dev C++
OpenGL
adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis
2D dan 3D. Program lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar
dalam industri komputer dalam interaksi dengan komputer grafis 2D dan
juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan dengan grafis
3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan
untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap
kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari sistem.
Fungsi dasar
dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi perintah khusus atau executable
ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini bekerja dengan perangkat keras
grafis yang ada yang berada pada hard drive atau sumber tertentu lainnya.
Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan tindakan tertentu, atau memulai
efek khusus tertentu yang terkait dengan grafis.
Membuat
perintah dalam OpenGL dapat terjadi dalam dua cara yang berbeda. Pertama,
adalah mungkin bagi programmer untuk membuat dan menyimpan daftar perintah yang
dapat dieksekusi secara berulang. Ini adalah salah satu cara yang lebih rutin
untuk program interface yang digunakan. Seiring dengan berkembangnya kelompok
perintah yang kurang lebih permanen, maka memungkinkan untuk membuat dan
menjalankan salah satu perintah dalam batas-batas waktu dari komputer grafis.
Seiring
dengan kemampuan interface dari sistem operasi, OpenGL juga menyediakan
beberapa built-in protokol yang mungkin berguna bagi pengguna akhir. Di
antaranya fitur alat seperti alpha blending, pemetaan tekstur, dan efek
atmosfer. Alat ini dapat berinteraksi dengan sistem operasi yang sedang
digunakan.
Awalnya
dikembangkan oleh Silicon Graphics, OpenGL kini dianggap standar industri.
Interface program aplikasi yang aktif didukung oleh Microsoft ini, menawarkan
download gratis daftar OpenGL untuk digunakan pada sistem Windows. OpenGL
juga bekerja sangat baik dengan Inventor Open, sebuah pemrograman berorientasi
obyek alat juga diciptakan oleh Silicon Graphics.
sekarang, saya akan memberi tau source code dari tugas saya (Mata Kuliah Graphic
Komputer dan Pengolahan Citra) yaitu source code untuk membeuat garis
horizontal vertikal dan diagonal dengan menggunakan compiler Dev C++. Jika anda
sudah memiliki Compiler Dev C++ dan sudah mendownload headernya, maka anda
hanya perlu mengetik source code nya seperti dibawah ini:
1. Klik
menu File > Pilih New > Project
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project
Setelah
membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata
kuliah ini yaitu membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Membuat
garis Vertikal
Untuk membuat garis
vertikal , lihat pada project. begitu kita selesai membuat project pasti yang
muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang
sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah
mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk
mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada
bagian ini saja
Untuk membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding
seperti gambar di bawah ini :
atau apabila
gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk
membuat garis Vertikal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix
(); [Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah selesai menuliskan code pada bagian yang sudah
saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 ,
file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan
beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat
error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Membuat
garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal
kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila
gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk
membuat garis Horizontal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan titik
yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang
digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah
selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan
file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile
akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan
dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program
langsung berjalan dan menghasilkan output:
Membuat
garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita
bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau
apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk
membuat garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
SwapBuffers (hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Setelah
selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file
dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan
meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan
menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung
berjalan dan menghasilkan output :
klik disini untuk mengunduh!
0 komentar:
Posting Komentar